Layanan Jasa SEO Profesional di Indonesia by RealWorldBusiness.com

Sejarah Singkat Search Engine

Upaya-upaya awal untuk melakukan pengaturan informasi online banyak dilakukan oleh para mahasiswa di universitas. Salah satu proyek yang cukup terkenal adalah Archie (diambil dari kata archive yang berarti Arsip) yang diciptakan pada tahun 1990 oleh salah satu mahasiswa McGill University di Montreal Canada. Proyek ini melakukan indexing (pengurutan,pengaturan) secara manual, yang kemudian pencarian nya dilakukan dengan berdasarkan nama file dari halaman web yang terdaftar di database lokal.

Setelah ditemukannya World Wide Web (WWW) oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991, Matthew Grey menciptakan internet robot yang pertama, yaitu sebuah program yang mampu mengumpulkan informasi halaman web jauh lebih cepat dari kemampuan manusia. Dia menyebut robot ini sebagai World Wide Wanderer, yaitu sebuah program yang ditujukan untuk menghitung laju pertumbuhan WWW.

Direktori online seperti Galaxy dan Yahoo! mulai berkembang di pertengahan tahun 90-an. Pada era ini, Yahoo! mulai memberikan informasi singkat mengenai content atau isi dari web terkait sebagai tambahan dari informasi URL (Uniform Resource Locator) itu sendiri. Kemudian muncul Lycos, sebuah perusahaan inovatif yang berhasil menampilkan hasil pencarian berdasarkan relevansi tertentu dari jutaan dokumen. Langkah inovatif Lycos ini segera diikuti search engine lain seperti Infoseek dan Altavista. Pada tahun 1997, AskJeeves.com diluncurkan dengan gebrakan baru dengan menampilkan hasil pencarian berdasarkan arsip yang dikerjakan oleh manusia. Microsoft Search Network (MSN) juga kemudian ikut meramaikan kompetisi Search Technology ini pada tahun 1998.

Rasanya tidak lengkap bila sejarah search engine tidak menyebutkan The Big G, yakni Google. Karena cikal-bakal dari perusahaan yang per October 2009 itu bernilai lebih dari US$ 153.4 Milyar itu dimulai sejak 1997 oleh 2 orang mahasiswa PhD di Stanford University: Sergey Brin dan Larry Page. Awalnya google hanyalah sebuah proyek kecil di lingkungan universitas yang bertujuan untuk memudahkan mengelola informasi yang terdapat di website-website lokal. Namun karena hasil pencarian nya yang sangat relevan terhadap kata kunci yang dicari, penggunaan Google semakin berkembang dan terus meluas, menyebar dari mulut ke mulut, 100% tanpa biaya advertising sama sekali.  Hasil pencarian yang baik ini tidak lepas dari konsep Google Pagerank yang kemudian dipatenkan, dan menjadi dasar yang sangat kuat bagi Google untuk semakin berinovasi dalam dunia search technology. Tidak berhenti disitu, Google kini hadir dengan berbagai layanan vertikal yang menembus batas-batas kreativitas seperti Google News, Google Book Search, Google Video, eMail (Gmail), Google Maps, Google Calendar, dan segudang layanan lainnya.  Google juga kini terus melebarkan sayapnya dengan bersinergi bersama beberapa partner penting dan perusahaan investasi raksasa di bidang advertising.

Sangatlah penting bagi para praktisi SEO untuk dapat mengetahui sejarah diciptakannya search engine, karena hal ini penting agar dapat mengetahui filosofi awal diciptakannya search engine tsb. Filosofi inilah yang akan seterusnya digunakan sebagai pegangan pengembangan algoritma search engine kini dan di masa datang.

Tags: ,

One Response to “Sejarah Singkat Search Engine”

  1. Air Force Wifey February 5, 2011 at 1:24 am #

    There may be noticeably a bundle to learn about this. I assume you made certain good points in options also.

Leave a Reply